Cara Mengatasi Extra Fan BMW E36 M43 Bermasalah

BMWCCI Makassar Chapter, BMW E36 – Extra fan merupakan komponen pendingin pada mesin bertugas mengalirkan udara agar mesin dan radiator menjadi dingin, Lalu pernah anda mengalama extra fan tidak bekerja atau tidak berputar dan akibatnya mesin menjadi over heat.

Pada mesin BMW E36 dengan type mesin 318/M43 tidak seperti pendahulunya yang menggunakan fan yang terhubung langsung dengan mesin menggunkan van belt atau yang biasa disebut viscovan dan memiki extra dan tambahan,  Pada mesin M43 Extra Fan menjadi sangat penting, karena hanya satu satunya pendingin udara pada mesin ini yang digerakkan dengan arus listrik.

Bagaimana cara mengecek sistem ini ?, yang pertama anda lakukan adalah mencari saklar yang bertugas menyalakan extrafan mulai dari relay, dan temperatur switch, Pertama anda cek relay terlebih dahulu, yang terdapat pada box sikring dibagian mesin, berikut denah untuk relay tersebut.

 

Terdapat 2 relay untuk menghidupkan extra fan yaitu low speed dan high speed, Fungsinya bila mesin dalam keadaan sangat panas maka otomatis relay high speed bekerja untuk menaikan RPM extrafan, dan juga sebaliknya untuk relay low speed. Jika relay sudah tidak berfungsi maka anda dapat megganti relay tersebut, Jika relay sudah dipastikan benar, dan extrafan masin belum berputar, maka cara berikutnya adalah jumper soket extra fan langsung ke arus pada baterai, hasilnya jika extra fan berputar maka extra fan berfungsi dengan baik, mengecek dengan menjumper lakukan pada kedua kabel yaitu low speed dan high speed, Extra Fan hanya memiliki 3 kabel, 1 masa/griund, 2, arus + low speed, 3 arus + high speed.

Jika dalam pengetesan extrafan tidak bekerja maka dipastikan extra fan sudah mati, anda harus mengganti extra fan tersebut,

Jika extrafan berputar dengan cara menjumper, maka ada satu komponen lagi yang harus anda cek, yaitu switch extra fan, switch ini bekerja secara otomatis mengikuti suhu air radiator yang mengalir dari mesin, letaknya menempel pada badan radiator di sebelah kiri radiator, Pada switch ini terdapat 3 kabel yang 1, sumber arus + dari baterai, 2, Arus + untuk low speed, 3 arus + untuk High Speed, Sama seperti dengan di atas mengeceknya dengan menjumper ketiga kabel tersebut, Misalnya kabel arus masuk dihubungkan dengan kabel low speed. atau kabel arus masuk dengan kabel high speed. jika pada pengetesan extra fan berputar berati extra fan dalam kondisi baik.

Semoga Bermanfaat,-